Perusahaan Dapat Rilis Fitur Lebih Cepat Dengan Microservice

Lebih dari sekedar kata kunci teknologi, microservice mengubah cara organisasi mengembangkan perangkat lunak. Perusahaan dapat rilis fitur lebih cepat dengan menggunakan microservice.

manfaat microservice


Entah itu pengambilan keputusan atau tata kelola data, model pengembangan perangkat lunak terdesentralisasi yang didukung oleh layanan microservice akan memberi kelincahan yang dibutuhkan perusahaan. Selain itu, microservice sangat berguna bagi perusahaan incumbent untuk mengatasi ancaman bisnis yang ditimbulkan oleh perusahaan startup.

Rilis Fitur Lebih Cepat dengan Microservice


Microservice tentang perubahan organisasi yang dibutuhkan untuk memberikan inovasi dengan cepat. Jika kita menginginkan inovasi, otomatis harus mengurangi biaya kegagalan dan itulah keunggulan microservice.

Microservice dilihat oleh beberapa pengembang sebagai evolusi arsitektur berorientasi layanan (SOA). Ini artinya, aplikasi ditarik bersama dari perangkat lunak dan komponen perangkat lunak granular, yang masing-masing mendukung tujuan bisnis.

Dengan SOA, bahwa organisasi masih menangani aplikasi monolitik. Cara ini masih harus menyinkronkan pekerjaan untuk tim pengembangan dan ada banyak inefisiensi.

Microservice, di sisi lain, memerlukan sedikit manajemen terpusat dan memungkinkan aplikasi dikerahkan secara independen serta terukur.

Meskipun layanan microservice telah diberitakan oleh pemasok aplikasi bisnis seperti SAP dan perangkat lunak open source seperti Red Hat dalam beberapa tahun terakhir, organisasi tidak menganut teknologi ini secara 100%.

Tidak semua praktik terbaik telah ditemukan dan dibagi dalam hal bagaimana sebuah organisasi IT harus dibentuk. Masih ada banyak pertanyaan dan pemahaman yang dibutuhkan.

Microservice akan mengubah ekosistem perangkat lunak


Semakin banyak perusahaan mulai menulis perangkat lunak mereka sendiri. Secara efektif, mereka telah menjadi perusahaan perangkat lunak, hubungan mereka dengan penyedia jasa teknologi informasi juga akan berubah.

Perangkat lunak Enterprise 10 sampai 20 tahun yang lalu adalah tentang mengoptimalkan proses seperti keuangan, tapi sekarang lebih strategis karena ini adalah bagian dari produk Anda. Ini lebih tentang penggunaan teknologi open source dan bisa menggabungkan aplikasi off-the-shelf dengan perangkat lunak yang ditulis sendiri.

Memperhatikan bahwa perusahaan tidak ingin terikat dengan pemasok teknologi tunggal untuk perangkat lunak akan menjadi hal yang semakin strategis. Perusahaan perangkat lunak harus menawarkan nilai dengan membantu perusahaan "mengumpulkan mashup microservices dan memungkinkan terbuka untuk berintegrasi.

Untuk saat ini, kebanyakan pengadopsi layanan microservices adalah perusahaan internet dengan skala hyper-net seperti Netflix dan Amazon. Disamping itu, telah terjadi minat yang meningkat dari perusahaan jasa keuangan dan penyedia layanan komunikasi.

Untuk satu hal, penyedia layanan fiber di Singapura "MyRepublic" telah membangun aplikasi sendiri dengan menggunakan layanan microservice, tidak hanya untuk menghindari biaya yang lumayan dari sistem pendukung bisnis, namun juga untuk memasuki pasar regional dan mengenalkan layanan dengan cepat.

MyRepublic meluncurkan perangkat tambahan dan fitur baru setiap minggu, dan hanya membutuhkan satu klik tombol untuk mempublikasikan kode di lingkungan pementasan tanpa henti.

Komentar